1. Pengertian Komputer

Komputer (computer) adalah perangkat elektronik, beroperasi dibawah perintah pengendali yang disimpan pada memori komputer, dapat menerima data, memproses data berdasarkan aturan tertentu, mencetak hasilnya, dan menyimpan data untuk penggunaan di masa depan

2. Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Komputer

Masyarakat telah mendapat banyak keuntungan dari penggunaan komputer. Kebanyakan pengguna dari kalangan bisnis dan rumahan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang cukup karena mereka telah mendapatkan akses instan terhadap informasi dari manapun didunia. Pengguna (user) adalah seorang yang berkomunikasi dengan komputer. Mahasiswa adalah salah satu bentuk pengguna.

Keuntungan

Keuntungan dari komputer dimungkinkan karena komputer mempunyai keunggulan dalam kecepatan, kepercayaan, konsistensi, penyimpanan, dan komunikasi.

Kerugian

Beberapa kerugian menggunakan komputer terkait dengan pelanggaran kerahasiaan pribadi, dampak terhadap tenaga kerja, resiko kesehatan dan terhadap lingkunga.

3. Data dan Informasi

Komputer memproses data menjadi informasi. Data adalah kumpulan dari suatu yang belum diproses dapat berupa teks, angka, audio, dan vidio. Informasi (information) adalah data yang sudah diolah yang memiliki arti dan berguna bagi orang-orang.

Siklus Sistem Informasi

Komputer memproses data (input) menjadi informasi (output). Sebuah komputer terkadang menyimpan data, informasi, dan perintah dalam tempat penyimpanan untuk digunakan dimasa depan. Perintah merupakan langkah-langkah  yang mengatakan kepada komputer cara mengerjakan tugas tertentu. Beberapa orang menghubungkan rangkaian input, proses, output, dan media penyimpanan sebagai siklus pemrosesan informasi (information processing cycle). dan baru-baru ini, komunikasi juga menjadi elemen penting dari siklus pemrosesan informasi.

4. Sistem Komputer

Adalah kumpulan dari komponen-komponen yang berhubungan yang telah didesain untuk bekerja sama secara baik.

Komponen-komponen pada suatu sistem komputer dapat dibagi dalam dua kategori utama: hardware, software dan brainware.

Hardware pada suatu sistem komputer adalah termasuk semua komponen-komponen fisik dari komputer itu sendiri, juga keyboard, mouse, monitor, speaker, dan lain-lain. Agar hardware komputer dapat berfungsi dengan baik, suatu komputer memerlukan program. Program terdiri dari daftar instruksi-instruksi yang memberitahukan komputer bagaimana melakukan keempat operasi pada siklus pemrosesan informasi dalam rangka menjalankan suatu tugas atau kegiatan tertentu.

Software termasuk seluruh program-program yang memberikan instruksi-instruksi pada komputer.

Brainware termasuk seluruh pengguna komputer.

5. Bagian Dasar Komputer (Komponen-Komponen Komputer)

Komputer berisi banyak komponen elektrik, elektronik, dan mekanik, yang disebut piranti keras (hardware). Komponen-komponen ini termasuk media input, media output, sebuah unit, media penyimpanan, dan media komunikasi seperti terlihat pada gambar tersebut.

Perangkat Input

Perangkat input (input device) adalah komponen piranti keras yang kita gunakan untuk memasukan data dan perintah kedalam komputer. Contohnya : keyboard, mouse, mikrofon, pemindai, kamera digital, dan kamera vidio PC.

Perangkat Output

Perangkat output (output device) adalah komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada satu atau banyak orang. Contohnya adalah printer, monitor, dan pengeras suara.

Unit Komputer

Unit Komputer (system unit) adalah tempat yang terdiri atas komponen-komponen yang digunakan untuk memproses data. Sirkuitnya biasanya bagian dari atau tersambung dengan papan sirkuit yang disebut motherboard.

Dua komponen utama dari motherboard adalah Prosesor (processor), atau central processing unit (CPU), adalah sirkuit yang menerjemahkan dan menjalankan perintah dasar untuk mengoperasikan komputer. Memori (memory) terdiri atas komponen elektronik yang menyimpan perintah yang menunggu untuk dijalankan dan data yang dibutuhkan untuk perintah tersebut. Dimana memori menyimpan data secara sementara dan terhapus jika komputer dimatikan.

Perangkat Penyimpanan

Perangkat ini menyimpan data, perintah, dan informasi untuk penggunaan dimasa mendatang.

Contohnya computer dapat menyimpan ratusan atau jutaan nama dan alamat konsumen.

Komputer menyimpan data, perintah dan informasi dalam media penyimpanan (storage media) contoh media penyimpanan seperti, floppy disk, Zip disk, USB flash drive, harddisk, CD, DVD, Tape, dan memory card serta Mobile Storage Media lainnya.

Perangkat Komunikasi

Perangkat komunikasi (communication device) adalah komponen peranti keras yang membuat komputer mengirimkan (memancarkan) dan menerima data, perintah dan informasike dan dari satu atau banyak komputer. Media umum yang digunakan adalah modem.

Komunikasi berlangsung melalui kabel, sambungan telepon, jaringan radio seluler, satelit dan media transmisi lainnya.

6. Kemampuan dan keterbatasan Komputer

Performa komputer sering diukur pada kecepatan dari processornya, tetapi perlu kita ingat bahwa kecepatan dan kemampuan processor hanyalah satu bagian dari keseluruhan sistem komputer.

Apakah otak manusia bisa disamakan dengan processor komputer?

Jika kita telaah lebih lanjut maka ada satu perbedaan mendasar antara otak dan processor, yaitu processor tidak mampu mendeteksi yang terkait dengan masalah : rasa, bau, perasaan/emosi, hati nurani, jiwa, roh dan nyawa serta “iman dan percaya”. Sedangkan “otak” memilikinya.

Memang kadangkala processor lebih konsisten dalam membuat keputusan daripada kita, tetapi sekali lagi dalam pelaksanaannya tetap manusia yang pegang kendali.

Kemampuan mendasar, mampu bekerja 24 jam atau lebih

Keterbatasan, tetap harus didampingi oleh pengguna/manusia.

7. Perawatan Komputer

Ada beberapa tips yeng perlu diperhatikan sehubungan dengan penggunaan komputer agar lebih aman dan awet diantaranya adalah :

·        Sediakan UPS, Sering kali tegangan listrik turun-naik atau bahkan mati tiba-tiba  akan berdampak kurang baik pada PC, terutama PC yang sudah lama, akan mengakibatkan rusaknya Power Supply, rusaknya Hardisk, bahkan Morherboard. Terutama hardisk, hardisk perlu kesetabilan saat bekerja, bila tiba-tiba listrik mati terjadilah kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya track tecordingnya maka timbulah bad sector, bad sector hanya bisa dilihat jika  kita check lewat scandisk. Bad sector tidak bisa di isi file untuk operasional system maupun  menyimpan data, sehingga akan mengurangi kapasitas hardisk itu sendiri. Karena itu di usahakan agar disediakan UPS atau External battery sebagai pengaman bila terjadi mati lampu maka komputer tetap hidup untuk beberapa waktu, sehingga masih ada kesempatan untuk mematikan komputer sesuai prosedur.

·        Stavolt, Untuk UPS yang sudah termasuk stavolt (penstabil naik-turun tegangan) tidak bermasalah, tetapi yang tidak termasuk stavolt di dalamnya maka lebih baik disediakan stavolt tambahan sebagai stabilizer, sehingga walau tegangan listrik naik-turun pun, tidak mengganggu keamanan komputer sendiri.

·        Bersihkan dari debu, biasanya CPU tower di taruh di samping meja user, di letakan dilantai sehingga kemungkinan masuknya debu kedalam CPU besar sekali, Debu sebagai penghantar panas, sehingga apa bila komponen CPU, misalnya Prosesor, walau tersembunyi debu bisa masuk juga, memori/RAM sering kali  kena debu, dan kerja komputer jadi ngadat, hang atau bahkan komputer tidak bisa dinyalakan timbul suara beep…. maka check dan segera bersihkan lah kompenen  tersebut , pasang kembali dan nyalakan.

·        Hindari kena Air, tidak menutup kemungkinan keyboard tersiram air minum. Pernah kejadian keyboard saya kena air tanpa sengaja, akhirnya terjadilah konseleting pada lempegan di dalam keyboard , walau sudah dibersihkan dan dijemur sekalipun tidak bisa diperbaiki, sehingga perlu ganti baru.

·        Voltase, Untuk di Indonesia voltase memakai 220 volt, tapi untuk komputer produk Jepang masih 110 volt, sehingga bila menyalakan komputer produk Jepang,  jangan lupa sediakan adapter untuk menurunkan voltase dari 220 ke110 volt. kalau tidak wah….kebakar pasti!…

·        Sengatan petir, untuk daerah rawan petir, terutama jaringan komputer yang terhubung menara yang tidak dilengkapi penangkal petir, berbahaya bila terkena petir akan merembet keseluruh jaringan. karena itu sediakan penangkal petir lebih baik.

·        Jauhkan dari medan magnetik, medan magnetik bisa mengganggu performa CPU juga monitor.

·        Demi keamanan data serta system komputer, Pasrikan sudah ada Antivirus dan selalu di update.

·        Pastikan pula ada program utilities tambahan untuk menghapus sisa registry dan sampah dari internet(cokies)

8. Piranti Lunak Komputer

Piranti Lunak (Software), juga disebut program, adalah seperangkat perintah yang mengatakan kepada komputer apa yang harus dilakukan dan cara melakukannya.

Kita berinteraksi dengan sebuah program melalui antarmuka (interface) penggunanya.  Dapat berupa antar muka grafis (GUI), menggunakan teks, dan gambar seperti ikon.

Dalam katagori besar piranti lunak dibagi menjadi dua bagian yaitu :

·        Piranti Lunak Sistem

·        Piranti Lunak Aplikasi

9. Piranti Lunak Sistem

Piranti Lunak Sistem (System Software), terdiri atas program-program yang mengontrol atau mempertahankan operasi dari komputer dan alat-alatnya.

Bertindak sebagai antarmuka antara pengguna, piranti lunak aplikasi dan piranti keras komputer.

Dua jenis piranti lunak sistem, yaitu sistem operasi dan  program utilitas.

Sistem Operasi, adalah seperangkat program yang mengkoordinasikan seluruh aktifitas piranti keras komputer. Adalah alat bagi pengguna untuk berkomunikasi dengan komputer dan piranti lunak lainnya.

Program Utilitas, adalah membantu pengguna menjalankan tugas berjenis pemeliharaan yang biasanya berhubungan dengan pengaturan komputer, peralatannya, atau programnya.

Kebanyakan sistem operasi memiliki beberapa program utilitas untuk mengatur disk drive, printer, dan peralatan lainnya.

10. Piranti Lunak Aplikasi

Piranti Lunak Aplikasi (Application Software), terdiri atas program yang dirancang untuk membuat pengguna menjadi lebih produktif dan/atau untuk membantu pengguna dengan tugas-tugas pribadi.

Jenis piranti lunak aplikasi yang digunakan secara luas terkait dengan komunikasi adalah WEB Browser, yang berguna bagi pengguna dengan sambungan internet untuk mengakses dan melihat halaman WEB.

Piranti lunak lainnya yang populer adalah pritanti lunak pengolah kata, spreadsheet, basis data, dan presentasi. Yang membuat pengguna mampu mengerjakan berbagai macam tugas.

11. Instalasi dan Eksekusi Program

Instalasi (installing) adalah proses memasang piranti lunak untuk bekerja dengan komputer, printer atau komponen piranti keras lainnya. Ketika piranti lunak sudah terpasang kita dapat menjalankan program (run). Komputer akan mengambil data program tersebut dari media penyimpanan ke memori. Dimemori komputer dapat mengeksekusi (execute) perintah-perintah program tersebut.

12. Graphical User Interface (GUI)

Merupakan interface buat pengguna untuk dapat berkomunikasi dengan komputer dan aplikasi lainnya. Bentuk interface berbasis GUI dapat dilihat pada gambar berikut :

Fungsi-fungsi user interface. User interface biasanya memungkinkan user untuk melakukan hal berikut ini:

·        Menjalankan (launch) program-program aplikasi

·        Mengelola disk dan file: anda dapat memformat hardisk atau disket baru, mengkopi file dari satu disk ke disk lainnya, merubah nama file, menghapus file, dan sebagainya

·        Mematikan komputer secara aman dengan mengikuti prosedur shutdown atau mematikan komputer dengan benar, hal ini perlu dilakukan untuk menjaga hard disk dari kerusakan ataupun file-file yang dapat rusak akibat mematikan komputer dengan cara yang tidak benar.

Jenis-jenis user interface :

·        Graphical

·        Menu-driven

·        Command-line

User interface yang paling populer adalah graphical user interface (GUI) dimana user dapat memberikan perintah melalui suatu grafik atau gambar yang bisa diklik dengan mouse ataupun keyboard (misalnya icon program). Program aplikasi biasanya juga menyediakan perintah melalui menu-driven, sebagai contoh pada aplikasi seperti MS Word, terdapat menu yang dapat diakses baik dengan mouse ataupun keyboard. User interface berupa command-line memerlukan perintah yang anda harus ketikkan dengan prosedur pengetikan yang tertentu, biasanya command-line ini dapat ditemukan pada DOS (disk operating system) ataupun sistem operasi seperti UNIX dan LINUX

13. Menghidupkan Dan Mematikan Komputer yang Benar

Untuk memulai pengoperasian komputer, ada prosedur baku yang harus kita lakukan, yaitu :

·        Pasangkan kabel ke stopkontak.

·        Tekan tombol ON pada penstabil tegangan (Stabilizer), CPU, dan monitor. (jika ada)

·        Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses booting, yaitu proses suatu komputer mendeteksi hard disk, floppy disk drive, CD -Room dan CPU (memory, clock, RAM dan lain sebagainya).

·        Setelah proses Booting selesai, di layar muncul kotak dialog untuk mengisi Username dan Password. (jika menggunakan password)

·        Setelah selesai muncul desktop. Pada tahap inilah, komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Selain mengetahui cara yang benar untuk menghidupkan komputer, andapun harus mengetahui cara mematikannya. Cara yang benar untuk mematikan komputer adalah sebagai berikut:

·        Pastikan semua aplikasi yang telah anda gunakan sudah ditutup.

·        Pada menu Pull-down Start, klik Shutdown-OK (windows 98) atau klik Turn Off computer-Turn Off (windows XP). Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan ‘windows is shutting down’ (windows 98). Setelah itu computer akan mati dengan sendirinya.

·        Tekan tombol OFF pada monitor, CPU dan penstabil tegangan.

Prosedur-prosedur tersebut, harus anda kerjakan secara berurutan. Dengan demikian komputer anda akan dapat berusia lama.

Booting?

Adalah sebuah proses menjalankan atau mengulangi menjalankan sebuah komputer.