OpenOffice.org adalah seperangkat perangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar kerja (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing.

OpenOffice.org dikembangkan oleh Komunitas OpenOffice.org yang didirikan oleh Sun Mycrosystems. OpenOffice.org merupakan perangkat lunak yang gratis dan open source. Karena itu siapapun bisa menggunakannya tanpa dipungut biaya, dan karena open source, siapapun bisa mengakses kode sumber yang membangunnya.

Sejak mei 2004 OpenOffice.org sudah tersedia lebih dari 27 bahasa dan sudah mendukung bahasa Asia termasuk di dalamnya adalah China, Jepang, dan Korea. Selain itu, juga tersedia untuk berbagai sistem operasi terkemuka yang banyak digunakan oleh masyarakat pengguna komputer, yakni Windows, Linux, Solaris, FreeBSD, IRIX, dan Mac OS.

Kendati demikian, open office.org tersedia dalam berbagai system operasi  dengan mempunyai antar muka yang sama pada masing-masing sistem operasi tersebut. Karena itu, pengguna tidak akan mengalami kesulitan saat menggunakannya pada sistem operasi lain. Open office.org juga mendukung berbagai format file office terkemuka, termasuk Microsoft Office, termasuk membuka, mengedit, dan menyimpan ke dalam format file yang didukung tersebut. Baik dalam sistem operasi Linux maupun Windows, dokumen akan tetap tampak sama dalam sistem operasi tersebut. Hal ini adalah salah satu kemudahan, karena pengguna dapat menyesuaikan selera, baik dalam hal sistem operasi maupun hardware tanpa mengorbankan keaslian dokumen dan keahlian yang sudah dimiliki pengguna.

KOMPONEN PROGRAM DALAM OPENOFFICE.ORG

Paket OpenOffice.org berisi program-program perkantoran yang terdiri dari :

1. OpenOffice.org Write, adalah program perkantoran untuk mengolah kata seperti halnya Microsoft Word pada paket Microsoft Office, Word Perfect, WordStart, dan hiWriter. Berguna untuk pembuatan dokumen tulisan semisal surat, buku, laporan, fax dan lain-lain.

2. OpenOffice.org Calc, adalah aplikasi perkantoran berupa spreadsheet yang lengkap. Menyediakan tool untuk perhitungan otomatis, pengambilan keputusan, perhitungan statistik, pengolahan hingga penyajian data, pembuatan grafik dan fasilitas-fasilitas spreadsheet lainnya.

3. OpenOffice.org Impress, adalah program untuk membuat presentasi sebagaimana Microsoft PowerPoint pada Microsoft Office. Ia dapat digunakan untuk membuat presentasi dengan mudah dan cepat.

4. OpenOffice.org Draw, adalah program untuk menggambar yang mempunyai tool untuk membuat gambar yang cukup lengkap. Dilengkapi dengan tool untuk membuat objek 3D, membuat efek pewarnaan dan lain-lain.

5. OpenOffice.org Math, adalah program untuk menulis formula (rumus-rumus matematika) seperti halnya Microsoft Equation Editor pada Microsoft Office.

6. Selain itu secara otomatis OpenOffice.org akan menginstall OpenOffice.org HTML editor sebagai editor HTML berbasis WYSIWYG (What You See Is What You Get). Dengan program ini pengguna bisa membuat halaman web berbasis HTML dengan mudah dan cepat walaupun pemakai adalah seorang pemula yang belum mengenal HTML sama sekali.

OPENOFFICE.ORG WRITER

OpenOffice.org Writer merupakan salah satu aplikasi perkantoran wordprocessor yang mempunyai fitur-fitur untuk pengolahan dokumen yang sangat lengkap. Secara garis besar fitur-fitur pada OpenOffice.org Writer adalah sebagai berikut :

1. Writing

OpenOffice.org Writer membantu penulisan segala macam dokumen. Dokumen yang dapat dihasilkan diantaranya adalah surat pribadi, formulir, brosur, fax, dan bahkan sampai panduan profesional. Fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh OpenOffice.org Writer:

a)      Fasilitas pemeriksa ejaan yang baik, sehingga dapat meminimalkan (atau bahkan meniadakan) kesalahan dalam pembuatan dokumen. Pengguna juga dapat menggunakan fasilitas AutoCorrect yang dapat membetulkan kesalahan secara otomatis.

b)      Fasilitas navigasi yang baik dan mudah digunakan, sehingga mempermudah penjelajahan dokumen yang sangat panjang.

c)      Templete untuk berbagai tujuan, sehingga dapat mempercepat pembuatan dokumen khusus yang sering dibuat. Pengguna juga dapat membuat ataupun memodifikasi templete sesuai kebutuhan jika jenis templete untuk dokumen yang diinginkan belum tersedia.

2. Designing and Structuring

OpenOffice menyediakan banyak pilihan untuk mendesain dokumen. Dengan menggunakan Stylist, style pada paragraf, karakter, frame, dan halaman dapat diubah ataupun dihasilkan. Selain itu, pengguna dapat membuat index dan daftar isi dengan mudah, dan menyusunnya sesuai kebutuhan. Pengguna juga dapat membuat hyperlink yang mengijinkan kita untuk berpindah antar dokumen dengan lebih mudah dan cepat.

3. Desktop Publishing

OpenOffice.org Writer menyediakan banyak fungsi untuk menciptakan berbagai bentuk dokumen dan kemudian menerbitkannya. Meletakkan teks di dalam frame, mengijinkan pengguna untuk menempatkan teks tersebut di bagian manapun dalam dokumen sesuai dengan keinginan. Pemformatan paragraf dengan multi kolom seperti penulisan gaya koran dan majalah; membingkai teks, paragraf, tabel, halaman; memasukkan dan membingkai gambar; mewarnai teks; menyisipkan grafik dan memberi penjelasan di sampingnya, dan berbagai fasilitas pemformatan lainnya hingga dokumen akan nampak profesional.

4. Calculations

OpenOffice.org Writer dapat dengan mudah membuat tabel dalam dokumen dan mengkalkulasikan nilai-nilai yang ada pada tabel tersebut.

5. Creating drawings

OpenOfice.org Writer menyediakan tool yang lengkap untuk menggambar, yang mengijinkan pengguna untuk menggambar, membuat legenda, grafik dan objek gambar lainnya secara langsung di dalam dokumen dengan cepat dan mudah.

6. Inserting Graphics

OpenOffice.org menyediakan fasilitas untuk memasukkan gambar dan memformatnya dengan cara yang sangat mudah. OpenOffice menyediakan gallery yang menyediakan gambar-gambar yang terorganisasi dalam kelompok-kelompok tertentu. Selain itu OpenOffice.org juga mengijinkan untuk menyisipkan gambar dengan dukungan format gambar yang beragam.

7. Flexible Application Interface

OpenOffice.org dirancang sedemikian rupa hingga mempunyai antar muka yang sangat bagus dan menarik. Pengguna bisa mengatur tampilan dan posisi jendela program dengan mudah, meletakkan toolbar dan icon-iconnya. Skin pada OpenOffice.org pada sistem operasi tertentu dapat ditampilkan seperti aslinya, sehingga dapat diketahui bagaimana tampilannya pada sistem operasi lain tersebut.

8. Drag dan Drop

Dengan fitur drag-and-drop yang dimiliki, memungkinkan pengguna untuk bekerja dalam dokumen dengan lebih mudah dan cepat. Sebagai contoh, memindahkan dan memasukkan objek dengan hanya menyeretnya ke tempat yang diinginkan. Tentu saja ini adalah suatu kemudahan yang sangat didambakan.

9. Extensive Help Functions

OpenOffice.org menyediakan bantuan yang cukup lengkap. Dengan penyajian yang baik, bagus, dan mudah untuk dijelajahi. Karena pengorganisasiannya yang baik tersebut, akan memudahkan pengguna untuk mendapatkan bantuan yang diinginkan. Hal ini akan memudahkan dalam memakai program.

MENGENAL WINDOW OPENOFFICE.ORG WRITER

Sebagaimana pada program-program pengolah kata pada umumnya, jendela OpenOffice.org Writer juga terdiri dari toolbar-toolbar, area kerja, status bar dan sebagainya yang mempunyai tampilan mirip dengan program pengolah kata tersebut.

ZOOM

Perintah Zoom digunakan untuk mengubah ukuran tampilan area kerja dalam layar, yakni untuk memperlebar atau mempersempitnya. Perintah Zoom dapat dijalankan dari menu View > Zoom atau dari Status Bar klik dua kali pada bagian Zoom maka akan ditampilkan kotak dialog Zoom > pilihlah ukuran jendela yang Anda inginkan dengan memilih radio button yang ada. Jika ukuran jendela yang Anda inginkan tidak tersedia, pilihlah radio button Variable kemudian isikan angka pembesaran pada spin box yang ada di sampingnya, terakhir klik OK.

MENU BAR DAN TOOLBAR

1. MENU BAR

Menu Bar menampilkan semua menu pokok beserta submenunya yang ada pada program. Menu Bar terletak pada bagian atas di bawah Title Bar. Menu Bar dapat diakses langsung dengan mengkliknya menggunakan mouse, dapat juga dengan menggunakan keyboard (short cut). Short cut untuk menampilkan menu Alt + huruf dari menu yang digarisbawahi. Misalnya jika ingin mengkases menu Format, dapat menekan tombol Alt+O, karena pada menu Format huruf O digarisbawahi.

Bila menu sudah dibuka, untuk mengakses submenunya cukup tekan tombol sesuai dengan huruf yang digaris bawahi. Contohnya jika ingin membuat dokumen baru melalui menu bar menggunakan keyboard ketikkan secara berurut: Alt+F kemudian N kemudian T, dokumen baru yang masih kosong akan dibuka. Lakukan cara yang sama untuk mengakses menu-menu yang lain.

2. TOOLBAR

Toolbar adalah kumpulan perintah-perintah yang dapat diakses setiap saat yang disimbolkan dengan gambar-gambar tertentu sesuai dengan perintah yang diwakilinya, misalnya perintah menyimpan disimbolkan dengan gambar disket. Toolbar-toolbar pokok OpenOffice.org adalah Function Bar, Object Bar, Main Toolbar dan Hyperlink Bar.

OpenOffice.org masih akan menampilkan toolbar-toolbar tertentu sesuai dengan objek yang dikerjakan oleh pemakai. Misalnya saat sedang bekerja dengan grafik atau gambar maka ditampilkan toolbar yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.

RULER

Ruler adalah penggaris yang menggambarkan ukuran tinggi dan lebar kertas yang terdapat pada dokumen yang dibuat. Ada dua jenis ruler, yaitu vertikal dan horizontal yang masing-masing menggambarkan tinggi dan lebar kertas. Sebagaimana komponen jendela yang lainnya ruler dapat ditampilkan dan dapat pula disembunyikan. Salah satu cara untuk menampilkan atau menyembunyikan ruler adalah dengan :

Klik menu View > Ruler, jika pada awalnya menu ini terdapat tanda ceknya berarti ruler sudah ditampilkan, jika mengklik sekali berarti akan menghilangkan tanda cek tersebut, yang berarti menyembunyikan ruler. Untuk menampilkan kembali lakukan dengan cara yang sama, klik menu View > Ruler untuk memberi cek, maka Ruler akan ditampilkan

Untuk mengatur satuan pengukuran pada Ruler, klik kanan pada ruler tersebut. Akan ditampilkan menu context berupa satuan pengukuran, pilih satuan pengukuran yang disediakan dengan cara mengkliknya. Hal ini hanya berlaku pada ruler tersebut, pengguna dapat mengatur satuan pengukuran yang berbeda pada ruler horizontal dan vertical.

STATUS BAR

Status bar adalah bar yang menampilkan beberapa informasi tentang dokumen yang aktif yaitu: Page Number, Page Style, Zoom, Insert Mode, Selection Mode, Hyperlink Active, Documment Modified, Size, Current Time, Curren Date, Cell.

TEXT BOUNDARIES

Text bounderies berguna sebagai tanda pembatas margin pada halaman suatu dokumen. Untuk menampilkan dan untuk menyembunyikan text boundaries cukup memilih menu View > Text Boundaries. Jika menu ini terdapat tanda check-nya maka itu berarti text boundaries sedang ditampilkan. Begitu pula sebaliknya.

MEMBUAT FILE BARU

Pada saat pertama kali membuka program, langsung ditampilkan dokumen kosong. Dokrsebut dapat diisi dan manjadi file/ dokumen baru.

Jika ingin membuat dokumen baru yang lain pada saat sedang aktif di suatu dokumen, caranya adalah:

1) Tekan kombinasi tombol Ctrl + N pada keyboard, atau

2) Melalui menu File > New >Text Document (Gambar 5.1), atau

3) Klik icon menu New yang berada di toolbar.

MEMBUKA FILE

Untuk membuka file lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1) Langkah pertama:

a) Tekan kombinasi tombol Ctrl+O pada keyboard, atau

b) Klik menu File > Open, atau

c) Klik icon menu Open pada toolbar

2) Akan ditampilkan kotak dialog Open.

3) Pada OS Windows, tentukan drive tempat penyimpanan file yang akan dibuka dengan mengklik combo box Look in). Jika file terletak dalam sebuah folder tertentu, klik dua kali untuk membuka folder dalam kotak di bawah combo box Look in, dan cari sampai ketemu. Kamudian klik dua kali pada file tersebut maka file akan di buka.

MENYIMPAN FILE

Supaya hasil kerja tersebut dapat dibuka dilain waktu, maka perlu untuk disimpan menjadi suatu file. Untuk menyimpan file lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama:
    1. Tekan kombinasi tombol Ctrl+S pada keyboard. Atau Icon menu
    2. Klik menu File > Save , atau
    3. Klik icon menu Save pada toolbar. Maka akan ditampilkan kotak dialog Save As

Catatan :

  • Jika file tersebut adalah file baru (baru saja dibuat dan belum pernah disimpan sebelumnya), memilih menu Save akan ditampilkan kotak dialog Save As, namun jika file sudah pernah disimpan sebelumnya maka tidak akan ditampilkan kotak dialog Save As.
  • Jika memilih menu File >Save As, akan tetap menampilkan kotak dialog Save As, baik file tersebut sudah tersimpan sebelumnya atau belum. Dengan kata lain perintah Save As akan selalu menciptakan file baru yang berasal dari file yang sedang dibuka tersebut.
  1. Untuk membuat folder baru klik icon New folder yang terdapat pada kotak dialog tersebut.
  2. Tentukan nama untuk file yang hendak disimpan pada combo box File name:
  3. Tentukan format file atau tipe file pada combo box Save as type:
  4. Cara yang sama berlaku pada kotak dialog Save as yang berada pada platform LINUX
  5. Terakhir klik Ok atau langsung tekan Enter untuk menyimpan.

MENYIMPAN OTOMATIS

OpenOffice.org menyediakan fasilitas penyimpanan otomatis untuk file yang sedangdibuka dan diedit. Waktu penyimpanan otomatis tersebut dapat ditentukan sendiri, dengan cara:

1)      Buka kotak dialog Options, dengan cara memilih menu Tools > Option, akan ditampilkan kotak dialog Options

2)      Pada panel sebalah kiri, klik tanda plus (+) pada menu Load/Save, kemudian klik General yang yang ada di bawahnya.

3)      Pada panel sebelah kanan bagian Save, tandai check box AutoSave every, kemudian isikan angka pada spin box disebelah kiri label Minute untuk menentukan berapa menit sekali file akan disimpan.

4)      Prompt to save. Jika check box ini Anda tandai, maka program akan menanyakan kepada Anda bila akan menyimpan file.

CUT, COPY DAN PASTE

Fasilitas Cut, Copy dan Paste sangat sering digunakan saat pengeditan suatu dokumen. Cut digunakan untuk memindah obyek ke Clipboard, Copy digunakan untuk menyalin obyek ke Clipboard, sementara itu Paste digunakan untuk menyalin obyek dari Clipboard ke tempat baru yang kita tentukan. Clipboard adalah suatu ruang penyimpanan sementara yang digunakan untuk menyimpan obyek saat kita memakai fasilitas Cut dan Copy. Saat kita menjalankan fasilitas Cut maka suatu obyek tersebut akan di dipindahkan ke Clipborad dan saat kita memakai fasilitas Copy maka obyek tersebut akan dikopi/disalin ke Clipboard.

Langkah-langkah menggunakan fasilitas cut :

1)      Blok atau seleksi objek yang akan dipindah.

2)      Tekan kombinasi tombol Ctrl+X; atau Pilih menu Edit > Cut; atau Klik kanan pada objek yang diseleksi tersebut, kemudian pilih Cut dari menu context yang muncul.

3)      Objek yang diseleksi tersebut akan hilang (dipindah ke Clipboard).

4)      Letakkan kursor pada tempat yang baru di mana objek tersebut akan dipindah.

5)      Tekan kombinasi tombol Ctrl+V; atau Pilih menu Edit > Paste; atau Klik kanan pada tempat baru tersebut, kemudian pilih Paste dari menu context yang muncul.

6)      Objek yang dipilih sudah dipindah ke tempat yang baru tersebut.

Copy

1)      Blok atau seleksi objek yang akan dicopy/disalin

2)      Tekan kombinasi tombol Ctrl+C; atau Pilih menu Edit > Copy; atau Klik kanan pada objek yang diseleksi tersebut, kemudian pilih Copy dari menu context yang muncul.

3)      Objek yang diseleksi tersebut akan dicopy/disalin ke Clipboard.

4)      Letakkan kursor pada tempat yang baru di mana objek hasil salinan tersebut akan ditempatkan.

5)      Tekan kombinasi tombol Ctrl+V; atau Pilih menu Edit > Paste; atau Klik kanan pada tempat baru tersebut, kemudian pilih Paste dari menu context yang muncul.

6)      Objek yang dipilih sudah dicopy ke tempat yang baru tersebut.

OpenOffice.Calc

Calc adalah salah satu komponen OpenOffice yang digunakan untuk spreadsheet. Digunakan untuk memasukkan data, biasanya berupa data numeric, kemudian data ini diproses dengan tujuan memperoleh keluaran/hasil tertentu.

Fungsi OpenOffice.Calc sama dengan fungsi Excel pada Ms.Office di Windows. Data dapat diolah dengan menggunakan beberapa formula ataupun dibuat tampilan grafiknya.

SPREADSHEET, SHEET, DAN CELLS

Calc bekerja dengan bagian yang disebut spreadsheets, spreadsheets terdiri dari beberapa sheet, tiap sheet terdiri dari blok-blok cell. Didalam cell kita bisa memasukkan data, formula dan sebagainya.

MEMBUAT GRAFIK

OpenOffice Calc menyediakan fitur pembuatan grafis yang sangat fleksibel, dengan beberapa pilihan sesuai dengan kebutuhan.Langkah-langkah untuk membuat grafik adalah:

1)      Untuk membuat grafik, sorot semua cells yang akan dimasukkan sebagai data pada grafik

2)      Selanjutnya buka kotak dialog AutoFormat Chart. Dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu;

  • Klik pada posisi cell yang diinginkan tempat hasil grafik ditampilkan. Selanjutnya klik Insert > Chart melalui menu bar
  • Atau cara lain dapat langsung meng-klik icon Chart pada toolbar utama, kemudian klik posisi cell yang diinginkan untuk meletakkan posisi grafik

3)      Selanjutnya setelah melakukan langkah diatas, kotak AutoFormat Chart akan muncul

MENCETAK DOKUMEN

Untuk mencetak dokumen pada kertas, pilih File > Print Gunakan jendela dialog printer seperti pada gambar dibawah. Pengaturan jumlah halaman dan jumlah cetakan lebih lanjut klik tombol Options pada bagian kiri bawah

PRINT OPTIONS

Selain cara pengaturan pada saat mengaktifkan jendela print, pengaturan juga dapat dilakukan dengan mengeset print options secara permanen (berlaku untuk semua dokumen spreadsheet yang ada). Caranya:

Pilih Tools > Options > OpenOffice.org Calc > Print. Untuk menampilkan kotak dialog Printer Options seperti pada gambar dibawah.

MENCETAK SHEET YANG DIINGINKAN

1)      Pilih sheet yang akan dicetak (untuk sheet lebih dari satu, tahan ctrl kemudian klik sheet yang diinginkan untuk dicetak)

2)      Klik File > Print. Pilih menu Options

3)      Pada kotak dialog Printer Options, beri tanda check pada bagian Sheets Print only selected sheets

DETAILS, ORDER, DAN SCALE

DETAILS

Pada OpenOffice Calc, dapat ditentukan bagian yang akan dicetak atau tidak dicetak. Bagian-bagian yang dapat ditentukan adalah :

  • Header pada baris dan kolom
  • Menampilkan garis pada sheet
  • Catatan
  • Object dan gambar
  • Grafik
  • Object yang dibuat
  • Formula-formula yang digunakan

Untuk memilih detail yang akan dicetak :

1)      Pilih Format > Page.

2)      Pilih tab Sheet

3)      Pada bagian print area, beri tanda check bagian-bagian yang akan dicetak. Selanjutnya klik OK.

ORDER (URUTAN HALAMAN)

Untuk mengatur urutan halaman sheet yang akan dicetak pada kertas caranya:

Pilih Format > Page dari menu utama. Pilihan untuk urutan halaman ada pada bagian tab sheet.

SCALE (UKURAN SHEET)

Gunakan scale untuk mengatur besar/kecilnya data yang akan diprint. Namun apabila jumlah data yang dicetak banyak, tentu saja tulisan akan semakin susah dilihat karena semakin kecil. Berikut beberapa pilihan yang dapat digunakan;

  • Reduce/Enlarge printout – mengubah ukuran data pada hasil cetak, dapat memperbesar atau memperkecil.
  • Fit print range(s) on number of pages – menentukan jumlah halaman yang akan dicetak. Pilihan ini hanya akan memperkecil hasil cetak, bukan memperbesar.
  • Fit print range(s) to width/height – menentukan lebar dan tinggi hasil