Picture

Merupakan perintah untuk mengimpor file gambar ke dalam dokumen.

Langkah-langkahnya:

  1. pilih objek yang akan di atur formatnya
  2. klik insert > picture
  3. klik group tab picture style, color, and lines. Aturlah sesuai dengan keinginan
  4. klik size untuk mengatur ukuran gambar
  5. jika ingin dirotasi klik rotation, jika ingin diubah ukran tinggi dan lebarnya maka ubah di height (tinggi) dan width (lebar).
  6. untuk memotong gambar klik tab picture > crop. Pemotongan dapat dilakukan dari kiri (left), kanan (right), atas (top), bawah (bottom)
  7. untuk mengatur warna klik image control >color>pilih sesuai keinginan
  8. untuk mengatur tingkat keterangand ari objek klik image control > brightness
  9. untuk mengatur kekontrasan objek klik image control > contrast
  10. untuk mengatur layout klik layout. Jika ingin menggabungkan gambar dan teks pilih wrapping style. Jika ingin menentukan posisi gambar secra mendatar dalam dokumen dilakukan dengan horizontal alignment


Clip art

Berguna untuk mengambil klip gambar,film, ataupun suara yang telah disediakan office 2007. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut;

  1. pilih/ tempatkan titik sisip di psosisi yang diinginkan
  2. pilih insert > picture > clip art
  3. search for > pilih kategori yang diinginkan
  4. search dan pilih lokasi pencarian (drive tertentu/ all collection)
  5. result should be > jika ingin ditampilkan semua pilih all media file types
  6. kemudian klik search untuk eksekusi pencarian
  7. pilih gambar/film/suara yang diinginkan > OK
  8. jika ingin mencari kategori lain pilih modify

Jika ingin mengahpus objek yang telah dipilih dan telah muncul di lembar kerja maka klik di objek tersebut kemudian gunakan tombol delete yang ada di keyboard.

Text Wrapping

Berguna untuk menempatkan objek gambar ke dalam baris teks. Langkah-langkahynya;

  1. pilih objek gambar
  2. klik tombol picture effects
  3. text wrapping > pilih wrapping style sesuai dengan alignment yang diinginkan

Word Art

Berfungsi untuk membuat teks artistic. biasanya digunakan untuk membuat judul dokumen. Langkah-langkahnya:

  1. tempatkan titik sisip di posisi yang diinginkan
  2. klik insert > group text > word art
  3. pilih style yang diinginkan kemudian ketikkan teks nya pada kotak teks yang tersedia. OK

Shape

Merupakan kumpulan objek dasar seperti kotak, lingkaran, panah, garis, symbol, flowchart, callout, bintang, dan banner.
Langkah-langkahnya;

  1. klik tab insert > shape > pilih jenis yang diinginkan
  2. klik dan drag pada area kerja
  3. kemudian jika ingin diberikan tulisan doble klik di shape atau klik kanan add text > tuliskan teks yang dikehendaki. OK

Small art

Merupakan fasilitas untuk membuat diagram. Small art adalah fasilita tambahan yang ada di word 2007. bentuk small art yang ada adalah sebagi berikut; list, process, cycle, hierarchy, relationship, matrix, pyramid.

Langkah-langkahnya;

  1. klik tab insert > small art > pilih jenis small art yang diinginkan
  2. kemudian masukkan data/ teks yang diinginkan. Untuk menambah jumlah baris/ lingkaran/bentuk art yang lain tekan enter untuk berganti baris teks/ gunakan bullet untuk setiap poinnya.
  3. close

Chart

Berguna untuk membuat grafik yang mengilustrasikan perbandingan data. Tipe chart yang ada adalah column, line, pie, bar, area, dsb.

Langkah untuk membuat chart adalah sebagai berikut:

  1. klik insert > chart
  2. pilih jenis chart yang diinginkan
  3. masukkan data di kolom/ spread sheetyang tersedia
  4. klik OK.

Proteksi Dokumen

Dalam dunia komunikasi data global dan perkembangan teknologi informasi yang senantiasa berubah serta cepatnya perkembangan software, keamanan merupakan suatu isu yang sangat penting, baik itu keamanan fisik, keamanan data maupun keamanan aplikasi.

Perlu kita sadari bahwa untuk mencapai suatu keamanan itu adalah suatu hal yang sangat mustahil, seperti yang ada dalam dunia nyata sekarang ini. Tidak ada satu daerah pun yang betul-betul aman kondisinya, walau penjaga keamanan telah ditempatkan di daerah tersebut, begitu juga dengan keamanan sistem komputer. Namun yang bisa kita lakukan adalah untuk mengurangi gangguan keamanan tersebut.

Pengertian Keamanan Komputer

Pengertian tentang keamanan komputer ini beragam-ragam, sebagai contoh dapat kita lihat beberapa defenisi keamanan komputer menurut para ahlinya, antara lain :

Menurut John D. Howard dalam bukunya “An Analysis of security incidents on the internet” menyatakan bahwa :

Keamanan komputer adalah tindakan pencegahan dari serangan pengguna komputer atau pengakses jaringan yang tidak bertanggung jawab.

Menurut Gollmann pada tahun 1999 dalam bukunya “Computer Security” menyatakan bahwa :

Keamanan komputer adalah berhubungan dengan pencegahan diri dan deteksi terhadap tindakan pengganggu yang tidak dikenali dalam system komputer.

Fasilitas dalam word 2007 yang berguna untuk membantu proteksi dokumen adalah dengan memberikan batasn pada pemformatan dan pengeditan suatu dokumen.

Caranya adalah:

  1. buka file yang aka di proteksi
  2. pilih group protect > protect document > restrict formatting and editing
  3. editing restrictions aktifkan kotak cell allow only this type of editing in the document
  4. start enforcement > yes, start enforcing protection
  5. pilih dan masukkan password > masukkan kode proteksi
  6. konfirmasi ulang password > OK

Untuk encryption langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. buka file yang dianggap perlu untuk di encrypt
  2. klik office button > prepare > encrypt document
  3. pilih dan masukkan kode proteksi > OK
  4. ketikkan kode unlock pada reenter password > OK

Memberikan label pada gambar/ grafik yang ada pada dokumen

Pada word 2007 terdpat fasilitas untuk memberikan label pada gambar, grafik, tabel yangada pada dokumen yang kita buat. Fasilitas insert caption dapat digunakan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. klik area gambar yang akan diberikan label > klik tab reference
  2. insert caption > new label > ketikkan kata-kata untuk label dari gambar/grafik/tabel yang kita buat di bagian label. Contoh Gambar/ Bagan
  3. klik OK > tambahkan keterangan gambar tersebut dibelakang no gambar yang secara otomatis diberikan secara manual.

Memberikan Catatan Kaki pada Dokumen

Catatan kaki digunakan untuk memberikan referensi tambahan mengenai suatu istilah. Dalam word fasilitas yang mendukung pemebrian catatan kaki dinamakan footnote.

Langkah untuk insert footnote adalah sebagi berikut:

  1. klik pada akhir kata/ istilah yang ingin diberikan footnote
  2. klik tab reference > group footnotes > insert footnote
  3. kemudian akan muncul angka apad akhir kata yang kita klik (seperti pangkat) dan muncul pasangan angka yang sama pada bagian bawah halaman dokumen tersebut. Di bagian bawah tersebut, kita dapat mengetikkan referensi dari istilah yang kita berikan catatan kaki tersebut secara manual (input dari keyboard).

Membuat Daftar Isi

Untuk membuat daftar isi dari suatu dokumen, word 2007 memberikan faslitas pembuatan daftar isi secara otomatis dengan catatan bahwa judul bab, sub bab telah ditandai terlebih dahulu dengan menggunakan style level yang telah disediakan.

Langkah-langkah untuk membuat daftar isi secara otomatis adalah sebagai berikut:

  1. klik tab reference > CTRL+F (untuk mencari judul/ sub judul secara cepat. CTRL + F artinya find/ cari) > ketikkan nama/ kata /judul/ sub judul
  2. Klik Find Next untuk mencari semua kata yang kita masukkan pada find what/ cancel jika kata yang kita inginkan sudah ditemukan
  3. klik Add Text pada group table of contents kemudian tentukan level sesuai dengan prioritasnya. Contoh untuk setiap judul bab level 1, untuk sub bab level 2, dan seterusnya.dengan catatan level tersebut akan aktif jika kalimat judul/ sub judul tersebut di blok/ sorot kemudian klik add text dan pilih levelnya.
  4. setelah semua judul/ sub judul diberikan level maka letakkan kursor aktif pada bagian akhir teks/ dokumen/ halaman paling akhir ditempat yang kosong kemudian klik table of contents > automatic table 2
  5. daftar isi akan otomatis terbentuk sesuai dengan level dan halaman dari dokumen yang telah ditentukan.

Mencetak Dokumen

Untuk mencetak dokumen yang telah selesai dibuat dapat dilakukan dengan langakh-langakh sebagai berikut:

  1. klik office button > pilih print > klik print
  2. tentukan nama printer yang akan digunakan untuk mencetak dengan mengklik pilihan pada name
  3. tentukan halaman yang akan dicetak dengan cara memilih page range.
  • Jika ingin mencetak semua halaman maka pilih all.
  • Jika ingin mencetak halaman yang sedang aktif pilih current page
  • Jika ingin menentukan halaman tertentu yang akan dicetak pilih pages : ketikkan no halaman yang akan dicetak sesuai dengan setting halamannya. Contoh jika halaman dimulai dari no 5 maka jika kita ingin mencetak halaman ke dua dari dokumen tersebut ketikkan 6.
  • Jika ingin mencetak beberapa halaman maka ketikkan no halaman- no halaman terakhir yang ingin di cetak. Contoh pages : 5-10  berarti yang ingin dicetak adalah halaman 5 sampai 10 sesuai dengan seting no dokumen tersebut.
  1. tentukan jumlah kopianya. Jika hanya ingin mencetak 1 X maka number of copies pilih 1.
  2. tentukan pula batasan dari pencetakan dokumennya, apakah seluruh dokumen akan dicetak atau hanya halaman ganjil dan genap saja (odd/ even).
  3. Jika ingin memodifikasi ketebalan tinta klik properties kemudian setting ketebalannya, apakah normal, best, draft, dsb.
    • Draft digunakan untuk mencetak dokumen seekoomis mungkin
    • Normal digunakan sebagai default pencetakan tanpa setting apapun
    • Best digunakan untuk mencetak dokumen dengan kualitas tinta yang cukup pekat dan pixel/ titik-titik yang lebih rapat.
  4. klik OK untuk memulai pencetakkan. Pastikan bahwa printer telah terhubung dengan komputer dan kertas telah tersedia untuk melakukan pencetakan.